Inmotion Hosting Review

Hosting ternama yang (tetap) baik

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, kemana beberapa web hosting terkenal kok tidak masuk dalam daftar web hosting terbaik Duelhosting?.

Masalahnya adalah, berdasarkan pengalaman dan riset saya, web hosting terkenal / besar seringkali bukan yang terbaik. Entah itu dari segi harga, performa ataupun kualitas.

Mungkin karena mereka terlalu fokus pada promosi atau terlalu banyak pelanggan, sehingga seringkali web hosting ternama hanya memberikan layanan yang seadanya. Terutama web hosting yang sudah diakusisi oleh EIG.

Namun kali ini sedikit berbeda. Inmotion Hosting adalah web hosting ternama yang berhasil masuk dalam rekomendasi Duelhosting. Catatan: Inmotion Hosting bukanlah EIG grup (sejauh ini).

Seberapa baguskah Inmotion hosting? Mari kita cari tahu.

Kunjungi Inmotion Hosting

Ringkasan - Review
  • Kelebihan: Cocok untuk profesional atau corporate. Uptime bagus dan cepat. Unlimited bandwith, kapasitas dan email. Backup harian. Gratis domain dan tranfer. Garansi 90 hari uang kembali. SSD.
  • Kekurangan: Garansi uptime hanya untuk paket Pro. Minimum kontrak. Jebakan harga.
  • Cocok Untuk: Blog, forum, E-commerce, website corporate dan bisnis.
  • Lokasi Server:US (Los Angeles, Herndon).
  • Harga: Mulai $6,99* / bulan (1 tahun kontrak).
  • Website: www.inmotionhosting.com

Server Inmotion Hosting

Seperti kebanyakan web hosting yang sudah besar, Inmotion Hosting memiliki data center mereka sendiri, yang terletak di US.

Satu terletak di Los Angeles, dan satu lagi di Herndon. Semuanya di USA, tidak ada server untuk Eropa ataupun Asia, jadi jika Anda memilih Inmotion Hosting, sebaiknya target website Anda adalah untuk luar negeri.

Inmotion Hosting tidak menjelaskan spesifikasi server yang mereka gunakan, tapi menyebutkan bahwa mereka memakai server Dell dan Lenovo.

Inmotion Hosting memiliki uptime yang sangat baik, tapi saya sempat bingung ketika mengetahui mereka “hanya menggunakan tier 1 data center. Data center tier 1 umumnya memiliki uptime 99,6%, sedang tier terbaik yaitu tier 4, memiliki uptime 99,99%.

Lalu bagaimana bisa Inmotion Hosting memiliki uptime yang baik jika mereka hanya menggunakan data center tier 1? Ternyata Inmotion Hosting memiliki tiga tier 1 data center sekaligus. Jadi ketika salah satu data center bermasalah, otomatis akan dialihkan ke data center yang lain.


Kelebihan Inmotion hosting

  • Web hosting bisnis dan ecommerce.

Dari tampilan websitenya saja sudah terlihat kesan corporate. Inmotion Hosting memang lebih di fokuskan untuk kelas corporate dan ecommerce.

Tak heran jika mereka memiliki paket upgrade yang sangat lengkap, mulai dari VPS, dedicated server hingga managed server. Managed server merupakan salah satu paket yang banyak digunakan oleh corporate, tapi tidak semua web hosting menawarkan paket ini.

Selain itu, Inmotion Hosting sudah terintregrasi dengan Google app. Sekali lagi ini adalah cloud service yang banyak dipakai untuk bisnis. Dengan Inmotion Hosting Anda tidak perlu susah-susah melakukan setting Google app, cukup beberapa klik, website Anda sudah bisa menggunakan Google app.

  • Verifikasi

Saya bingung apakah memasukkan fitur ini dalam kategori kekurangan atau kelebihan.

Ketika Anda pertama kali berlangganan di Inmotion Hosting, akun Anda tidak langsung aktif, Anda harus meninggalkan nomer telpon, yang kemudian akan di verifikasi oleh staf Inmotion Hosting.

Disatu sisi hal ini merepotkan, terutama kalau level bahasa Inggris Anda ala kadarnya, disisi lain, verifikasi ini artinya Inmotion Hosting cukup aman dari tetangga yang buruk, seperti website phising, mallware dan semacamnya.

Perlu Anda ketahui, alamat IP pada shared hosting digunakan bersama pelanggan lain. Jika kebetulan website Anda “bertetangga” dengan website yang illegal, maka itu akan berefek kepada Anda, seperti misalnya email yang dianggap spam, dan juga menurunkan “kepercayaan” search engine terhadap website Anda

Dengan adanya verifikasi ini, kemungkinan memperoleh tetangga yang buruk bisa diminimalisir, tapi ya itu tadi, cukup merepotkan.

  • Uptime dan performa sangat bagus

Kami membandingkan beberapa hasil test uptime dan performa Inmotion Hosting, dan hasilnya Inmotion Hosting memiliki nilai diatas rata-rata. Server mereka jarang mengalami down dan juga sangat cepat.

  • Garansi uptime 99,9%

Inmotion memiliki garansi uptime 99,9%. Harus teliti ya, 99,9% bukan 99,99%. Uptime 99,9% artinya dalam sebulan, maksimal downtime adalah sekitar 43 menit.

Memang garansi uptime Inmotion Hosting hanya 99,9%, tapi Inmotion Hosting benar-benar memberi Anda kompensasi jika mereka gagal memenuhi standar itu, dan kompensasinya sangat menarik, yaitu 1 bulan gratis.

Tapi sekali lagi tapi, garansi ini memiliki kekurangan, yang akan saya jelaskan nanti.

  • Gratis domain dan tranfer

Jika Anda berlangganan minimal 1 tahun, Anda berhak mendapatkan domain gratis. Selain itu, jika Anda ingin pindah layanan ke Inmotion Hosting, mereka akan memindahkan website Anda tanpa memungut biaya.

  • Gratis backup harian

Anda tidak pernah tahu kapan kehilangan data terjadi, karena itu backup sangatlah penting. Banyak web hosting yang tidak memberikan fasilitas backup otomatis atau menarik biaya untuk itu.

Inmotion Hosting memberikan fitur backup harian gratis kepada semua akun shared hosting. Backup otomatis ini hanya berlaku jika ukuran file yang Anda simpan tidak lebih dari 10 GB.

  • Garansi uang kembali 90 hari

Garansi Inmotion Hosting bukan hanya 30 hari, bukan pula 60 hari, tapi 90 hari!.

Sebelumnya maafkan bahasa saya yang mirip iklan TV ini. Tapi memang durasi garansi uang kembali Inmotion Hosting jauh mengungguli web hosting lain.

Selama Anda berlangganan minimal 6 bulan, Anda berhak atas garansi 90 hari ini.

Kunjungi Inmotion Hosting


Kekurangan Inmotion Hosting

  • Garansi Uptime untuk Pro saja

Sudah saya jelaskan diatas, bahwa Inmotion Hosting memberikan Anda 1 bulan gratis jika uptime mereka kurang dari 99,9%.

Namun sayangnya garansi ini hanya berlaku untuk paket shared hosting Pro (termahal). Untuk paket lain, selamat Anda tidak bisa mendapatkan apa-apa.

  • Jebakan Harga

Ini lagi, ini lagi. Ya, Inmotion tidak ketinggalan mengikuti trik marketing ini, murah di awal, mahal di belakang.

Memang dalam hal ini selisihnya tidak begitu besar, tapi cukup membuat terkejut mereka yang kurang jeli.

  • Minimum Kontrak

Anda hanya bisa memilih langganan bulanan pada paket Pro (termahal). Selain itu Anda harus berlangganan minimal 1 tahun.

Tapi setidaknya Inmotion memiliki garansi uang kembali 90 hari.


Inmotion Hosting cocok untuk siapa? Ecommerce (toko online) atau website bisnis dengan target pasar luar negeri.
Fitur unik Inmotion Hosting: Integrasi Google App dan garansi uang kembali 90 hari

Fitur

  • Unlimited. Unlimited bandwith.
  • Control Panel: cPanel.
  • Support: Tiket, Email, Chat, Telpon.
  • Pembayaran: paypal, kartu kredit, google wallet.

Batasan Lain

Denda: Keterlambatan membayar lebih dari 7 hari, dikenai denda $15.

Maksimal Backup: Kapasitas maksimal untuk backup harian adalah 10 GB.

Batasan Inode: Jumlah file maksimal yang bisa disimpan pada shared hosting adalah 50ribu inode (file).

Gratis: Domain, migrasi website.

Harga

Harga yang kami tampilkan adalah harga per bulan perpanjangan (termahal).

Paket Shared Hosting Inmotion Hosting

Cocok untuk Ecommerce, website kecil hingga menengah.

Nama Paket Kapasitas Bandwith Domain Harga / bulan Lainnya
LAUNCH Unlimited SSD Unlimited 2 $8,99 Info Lengkap
POWER Unlimited SSD Unlimited 6 $10,99 Info Lengkap
PRO Unlimited SSD Unlimited Unlimited $19,99 Info Lengkap
8.6 Total Score
Sangat Baik

Web hosting yang sudah ternama umumnya memberikan pelayanan yang kurang baik, tapi tidak begitu dengan Inmotion Hosting. Web hosting ini memiliki performa yang sangat stabil dan cepat. Anda yang membutuhkan web hosting berpengalaman dan ternama, Inmotion Hosting bisa Anda pilih. Tapi ingat, mereka hanya mempunyai server di US saja.

Harga
7
Kehandalan
9
Fitur
8.5
Pilihan Layanan
9.5
Support
9
PROS
  • Hosting terkenal dan berpengalaman.
  • Web hosting handal dan cepat.
  • Memiliki data center sendiri.
  • Gratis domain, migrasi.
  • Backup harian.
  • Garansi 90 hari uang kembali.
  • Menggunakan SSD.
CONS
  • Lokasi server hanya di US.
  • Minimum Kontrak.
  • Harga awal dan perpanjangan berbeda.
  • Garansi uptime hanya berlaku pada paket Pro.
Add your review

Kunjungi Inmotion Hosting

Ada komentar? Silahkan tulis.

Leave a reply

Your total score